posted by magang1 on July 10, 2012
Konsultasi Manajemen   SYNCORE Consulting memiliki pendekatan unik dalam memberikan layanan konsultasi kepada UKM dan Start Up. Pendekatan tersebut kami rangkum dalam SYNCORE GLOBAL METHODOLOGY yang didasarkan pada metodologi best practice seperti Good Corporate Governance, Value Chain dan Balanced Score Card. Pendekatan-pendekatan tersebut kami ramu sehingga aplikatif untuk menjawab permasalah di UKM dan Start Up di Indonesia. Layanan Konsultasi manajemen kami tidak hanya terbatas untuk UKM tetapi juga corporate.Layanan yang telah kami berikan pada klien-klien kami adalah:1. Assessment – kami menggunakan pendekatan McKinsey 7S untuk melakukan assesment terhadap kondisi manajemen di perusahaan yaitu meliputi Strategi, Struktur, Staff, Skills, Style (Culture),System dan Shared Value. . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Pada tanggal 16 sd 17 Juli 2012 bertempat di Jogja Plaza Hotel telah dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada Bagian Keuangan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan berlangsung selama dua hari dengan mencakup tema Bagaimana cara membentuk Satuan Audit Internal ? Bagaimana melakukan perencanaan Audit? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk menentukan area prioritas? Bagaimana menggunakan analisa resiko untuk merancang program audit? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk pos Neraca? Bagaimana melakukan prosedur Audit untuk Pos Laba Rugi? Bagaimana menindaklanjuti temuan audit? Bagaimana menyusun laporan Audit? Peserta selama dua hari sangat antusias karena pelatihan ini mengkombinasikan pemahaman dan simulasi . Peserta di . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Perguruan Tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sehingga perguruan tinggi dituntut untuk terus membenahi kualitas pembelajaran dan manajemen internal. Salah satu upaya untuk menguatkan manajemen internal adalah dengan menyusun Standard Operating Procedures. Secara umum Standard Operating Procedures mencakup beberapa proses bisnis antara lain: 1. SOP Pelayanan Prima (Service Excellence) 2. SOP Keuangan 3. SOP Akademik 4. SOP SDM SOP Keuangan bertujuan untuk memastikan pencatatan dan pelaporan keuangan di Perguruan Tinggi mencapai standar kualitas pencatatan dan pelaporan keuangan yaitu: 1. Andal (didukung bukti-bukti yang valid) 2. Akurat (perhitungan matematis tepat) 3. Lengkap (semua transaksi dilaporkan) 4. Tepat Waktu (laporan keuagan selesai pada waktu yang ditetapkan) 5. Tepat Penyajian . . . Read more
posted by admin on July 28, 2012
Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Amal usaha Muhammadiyah termasuk sekolah dan lembaga pendidikan lainnya telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat. Untuk itu kami akan menyelenggarakan lagi training atau pelatihan pencatatan dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk : Sekolah atau Perguruan Tinggi dapat menyusun Rencana Anggran dan Rencara . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Konsultan SYNCORE mengikuti pelatihan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) yang diadakan oleh BI bekerjasama dengan Business & Accounting Innovation Center (BAIC) UMY. Pelatihan selama 3 hari tersebut diisi oleh trainer-trainer profesional yang telah lama berkecimpung sebagai konsultan keuangan mitra bank. KKMB sendiri dibentuk oleh BI, Kementrian UKM dan Kementrian Perdagangan pada tahun 2000 untuk membantu UKM dalam mengakses fasilitas perbankan. KKMB memiliki jaringan di seluruh Indonesia dan telah membantu  ribuan UKM untuk mengakses kredit perbankan. Konsultan SYNCORE yang telah terbiasa mendampingi UKM, terutama untuk penataan keuangan merasa sangat antusias dengan pelatihan ini. Desta Galang dan Seto Ari Wibowo, konsultan SYNCORE, . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Pada bulan Juli 2012, Bp Rudy Suryanto, Managing Director diundang menjadi salah satu pembicara dalam Pelatihan Pelaporan Keuangan berbasis PSAK ETAP untuk PKBL. PKBL atau Program Kemitraan Bina Lingkungan adalah suatu fungsi yang dibentuk oleh BUMN untuk menjalankan kewajiban BUMN dalam menyalurkan 2% dari laba bersihnya untuk program CSR. Program tersebut berupa pinjaman lunak dengan bunga 6% per tahun. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas fungsi tersebut maka unit PKBL harus menyusun laporan keuangan yang diaudit oleh pihak independen.  Mengingat unit PKBL tersebut merupakan unit yang tidak bertujuan untuk mencari profit maka standar keuangan yang harus diacu adalah PSAK no 45 Revisi 2011 . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Saat ini di Indonesia diperkirakan ada kurang lebih 50juta unit bisnis mikro kecil dan menengah (UMKM). Unit bisnis tersebut mampu menyerap 98% tenaga kerja di Indonesia dan menyokong lebih dari 50% pendapatan bruto republik ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa peran UKM dalam menggerakkan ekonomi Indonesia sangat signifikan. Namun demikian kurang lebih hanya 500ribu yang dari 50 juta atau hanya 1% UKM yang memiliki badan hukum dan dikelola dengan professional.     Masalah lain yang membelit UKM adalah tingginya tingkat kegagalan usaha, terutama untuk UKM pemula (Start Up). Apabila kita mencermati statistik perkembangan UKM maka setiap tahun rata-rata ada penambahan UKM baru sekitar 1.2 juta . . . Read more
posted by admin on July 29, 2012
Perkembangan bisnis terus terjadi, persaingan semakin keras dan teknologi semakin maju, sehingga mau tidak mau perusahan anda harus terus menerus belajar dan menyesuaikan diri. Salah satu aspek yang  tidak bisa dilewatkan adalah pembaharuan dalam bidang teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan. Saat ini mungkin anda sudah menggunakan software untuk mencatat transaksi yang terjadi, namun pertanyaannya apakah software anda tersebut masih sesuai dengan perkembangan bisnis saat ini? Memang ada banyak sekali software yang ditawarkan diluar sana, namun hal terpenting dalam implementasi software di perusahaan adalah faktor manusia bukan faktor software tersebut. Apa artinya? Kami sering menemukan kegagalan implementasi software di perusahaan disebabkan bukan . . . Read more
posted by admin on August 5, 2012
Usaha distribusi barang (distributor) atau penjualan retail merupakan usaha yang tidak ada matinya. Namun kompetisi di bidang usaha ini sangatlah ketat. Hal ini disebabkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan jenis usaha ini relative mudah dijalankan, sehingga dari waktu ke waktu terus bermunculan pemain-pemain baru di industri distribusi dan retail. Konsekuensinya adalah masing-masing pemain harus terus berinovasi untuk bisa menyediakan barang yang berkualitas, dengan harga yang murah dan pelayanan memuaskan. Salah satu strategi yang banyak dipilih untuk bisa mencapai ketiga hal diatas adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi atau software. Penggunaan software dalam mengelola usaha distribusi atau retail, akan . . . Read more
posted by admin on August 13, 2012
Perusahaan atau organisasi nirlaba saat ini semakin sadar tentang pentingnya SOP. SOP atau standard operational procedur adalah dokumen tertulis yang berisi panduan untuk urut-urutan, tata kerja, dokumentasi dan pelaporan. SOP menjadi penting karena perusahaan saat ini dituntut untuk berjalan by system bukan by person.  SOP itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain SOP Pelayanan Prima SOP Operasional SOP Keuangan SOP HRD Kami memiliki pengalaman membantu beberapa perusahaan untuk menyusun SOP Keuangan. Pertanyaan yang umum muncul adalah bagaimana cara SYNCORE membantu penyusunan SOP? Kami telah memiliki template / referensi tentang SOP Keuangan di berbagai jenis usaha. Namun kami sadar bahwa setiap perusahaan memiliki . . . Read more