posted by admin on February 6, 2012
Sebuah perusahaan start up IT di Jogja, memiliki produk-produk yang luar biasa, namun pendiri tidak punya background manajemen dan keuangan. Pendiri mulai kebingungan bagaimana harus menata manajemen dan keuangan selayaknya perusahaan berstandar. Manajemen mengundang SYNCORE untuk melakukan presentasi. Pendekatan SYNCORE yang terintegrasi dan step by step, sangat cocok untuk mengimbangi perkembangan perusahaan yang sangat dinamis. Pola pembayaran bulanan, juga meringankan perusahaan. Selayaknya merekrut staff, dengan biaya terjangkau tetapi kualitas layanan berstandar konsultan profesional. Program kerjasama telah berjalan setahun lebih. Perusahaan IT tersebut kemudian memperpanjang kontrak, dan meminta SYNCORE untuk membenahi aspek HRD dan Manajemen Operasional. . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Salah satu perusahaan trading yang sedang berkembang di Yogyakarta, memiliki volume penjualan harian sangat tinggi. Kompleksitas produk yang dijual pun cukup rumit. Sehingga proses pembukuan menjadi sebuah pekerjaan yang besar. Pemilik perusahaan menuntut untuk mendapatkan laporan harian per hari itu juga. Hal ini menyebabkan tekanan yang besar di bagian keuangan. Motivasi karyawan bagian keuangan mulai menurun, karena beban kerja yang semakin lama semakin berat. Puncaknya adalah salah satu senior di bagian keuangan menyatakan minatnya untuk mengundurkan diri. SYNCORE diminta saran dan tanggapan atas masalah ini. Setelah melewati beberapakali interview dan mapping terhadap bisnis proses, ditemukan bahwa ada ketimpangan dalam pembagian beban . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Big Secrets to Save Money “Aduh.....pusing! Belum akhir bulan, uang sudah habis. Banyak kebutuhan hidup belum terbayar! Harus bayar ini, harus bayar itu....Pusing...Pusing....!”, demikian keluhan yang sering kita dengar. Bagaimana mengatasi kebutuhan hidup yang meningkat dengan penghasilan yang terbatas? Bagaimana mengelola keuangan dengan efektif dan efisien? Seringkali orang berkelakar, ya...naikkan saja pendapatan dan turunkan pengeluaran. Beres!!! Memang, menaikkan pendapatan dan menurunkan  pengeluaran merupakan solusi jitu atasi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Tapi tidak setiap orang beruntung dapat melakukan keduanya. Lalu, bagaimana caranya? Seringkali kita mengabaikan pentingnya pengelolaan keuangan dengan mengatur pendapatan dan pengeluaran. Biasanya kita anggap sepele, toh nanti dapat diselesaikan pada . . . Read more
posted by admin on February 9, 2012
SYNCORE Consulting (14 November 2011) telah mengadakan workshop untuk meluncurkan tematik yang di usung ke tahun 2012 yang sekaligus menjadi acuan rancangan kerja yaitu, NEXT LEVEL READY 2012. Tema ini di gagas untuk membawa perusahaan naik kelas ke level berikutnya, dimana perusahaan ini mampu memberikan manfaat yang luas bagi dunia bisnis di Indonesia, utamanya UKM. Timbulnya profit hanyalah hasil ikutan akibat keberhasilan perusahaan memberikan manfaat. Workshop ini dihadiri oleh para staf dan calon klien SYNCORE yang nantinya akan saling bersinergi  memberikan solusi lewat integrasi konsultasi, system dan training. Syncore Consulting merupakan perusahaan yang memiliki visi pengembangan dengan value, yaitu Trustworthy, . . . Read more
posted by admin on February 9, 2012
SYNCORE Consulting (1 Desember 2011) menandai efektifnya system yang diadopsi dengan mengadakan pelatihan bagi para pemilik perusahaan, kali ini yang di ikuti oleh investor dan direktur JOGJACAMP. Tujuannya adalah untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi perusahaan dan memberikan gambaran singkat mengenai pemecahannya. Kegiatan yang dimulai dari jam 10 pagi hingga 5 sore ini berlangsung interaktif. Peserta dengan sangat gamblang mengisahkan permasalahan-permasalahn yang ada di perusahaannya. Dengan diskusi yang cukup santai namun mampu mengoptimalkan cara kerja perumusan masalah.  Pelatihan ini dipandu oleh direktur Syncore-Rudy Suryanto yang dengan metodenya mencari akar permasalahan perusahaan untuk bisa ditemukan sebuah model pemecahan yang sesuai dengan karakter . . . Read more
posted by admin on February 9, 2012
SYNCORE Consulting (Desember 2011) terbangunnya sebuah bisnis tidak lepas dari peran SDM yang juga memiliki andil dalam mengatur strategi organisasi. Namun terkadang karena banyaknya SDM yang memiliki andil sehingga kurang selaras dengan apa yang ingin dicapai. Sehingga pentingnya sebuah proses bisnis adalah disini untuk menyelaraskan secara efisien suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. Syncore memadukannya dengan metode Value Chain dimana metode ini telah berhasil diterapkan oleh banyak organisasi. Guna pelatihan ini adalah untuk melakukan perbaikan proses secara berkelanjutan atau bisa juga disebut sebagai suatu proses optimalisasi proses. Pelatihan yang di jalankan selama dua minggu ini dipandu oleh beberapa konsultan . . . Read more
posted by admin on February 9, 2012
SYNCORE Consulting (Januari 2011) telah merancang pelatihan penyusunan SOP karena menemukan berbagai permasalahan perusahaan bahwa masih terkendalanya sistem yang dimiliki dengan SDM didalamnya. SOP berguna untuk membangun standarisasi sistem layanan berbasis elektronik yang dapat meningkatkan  efisiensi dan efektifitas kinerja. Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. Pada Pelatihan ini disarankan dalam membuat SOP utamanya adalah membuat kebijakan mutu layanan yang biasanya tertuang . . . Read more
posted by admin on March 23, 2012
Manual : sebuah sistem untuk rumusan-rumusan kebijakan yang telah disahkan dan petunjuk-petunjuk terkait serta formulir-formulir pendukung untuk mengarahkan organisasi menuju sebuah tujuan operasional tertentu. Kebijakan : sebuah pernyataan tentang arah tindakan dengan rumusan tujuan dan ruang lingkup untuk dijadikan pedoman bagi pembuatan keputusan dalam suatu situasi tertentu dalam kerangka untuk mewujudkan tujuan perusahaan jangka pendek dan jangka panjang dan mewujudkan filosofi manajemen. Prosedur : Satu rangkaian langkah-langkah yang telah dirumuskan yang diikuti urut-urutan yang jelas untuk memastikan tercapainya kesesuaian antara pedoman kebijakan dengan prosedur-prosedur yang harus dilaksanakan. Activitas: Sebuah tindakan, bagian atau keputusan yang menjadi bagian dari sebuah prosedur. Tugas : Perincian secara . . . Read more
posted by admin on April 1, 2012
Meskipun sekolah bukan organisasi bisnis namun sekolah perlu memiliki laporan keuangan. Manfaat umum laporan keuangan bagi sekolah adalah : Memastikan keberlangsungan sekolah di masa depan Mengukur kinerja pengelola sekolah Laporan keuangan yang saat ini umum disusun oleh sekolah, yaitu laporan realisasi anggaran tidaklah cukup. Laporan realisasi anggaran tidak mencerminkan semua kekayaan dan kewajiban yang dimiliki oleh sekolah. Contohnya adalah realisasi anggaran tidak memberikan informasi yang cukup tentang jumlah dan nilai inventaris, nilai tunggakan SPP siswa ataupun kewajiban-kewajiban jangka pendek ke pihak ketiga. Laporan realisasi anggaran juga tidak memberikan gambaran yang memadai untuk hibah atau sumbangan multi tahun. Apabila ada sisa hibah yang sebenarnya . . . Read more
posted by admin on April 20, 2012
BIMBINGAN TEKNIS (BINTEK) AUDIT INTERNAL UNTUK RUMAH SAKIT (2 Hari Full )     1.    Latar belakang Perubahan lingkungan eksternal dan kebutuhan internal menuntut profesi Audit Internal di Rumah Sakit untuk menjadi profesional. Sesuai amanat UU Rumah Sakit No 44 Tahun 2009, Pasal 39 penyelenggaraan rumah sakit harus dilakukan audit, dapat berupa audit kinerja dan audit medis. Lebih lanjut bagi RS yang menerapkan PPK-BLUD berdasarkan Permendagri No. 61 Tahun 2007, Bab XIV Pasal 123 menegaskan bahwa pengawasan operasional BLUD dilakukan oleh pengawas internal atau auditor internal yang berkedudukan langsung di bawah pemimpin BLUD. Kemudian dalam Pasal 125 dinyatakan bahwa internal auditor bersama-sama jajaran manajemen BLUD menciptakan . . . Read more