posted by magang1 on July 9, 2012
  Contoh SOP Keuangan   Rekan-rekan entepreneur dan pelaku UKM Ketika usaha kita berkembang, kita sadar bahwa kita perlu membakukan proses bisnis kita. Proses bisnis yang baku, memudahkan kita untuk mengendalikan, mengawasi dan memastikan kualitas output. Pelaksana di lapangan pun akan bekerja lebih mudah kalau ada proses yang baku. Perusahaan menjadi tidak tergantung pada orang, tetapi pada system. Sehingga ketika ada karyawan yang sakit, cuti atau resign, proses bisnis tetap berjalan dengan lancar. Namun begitu, menyusun SOP bagi sebagian besar orang adalah proses yang sulit. Sebenarnya prinsipnya sederhana, yaitu tulis yang anda kerjakan, dan kerjakan yang anda tulis ! Namun prakteknya memang tidak semudah itu, . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Fungsi Audit Internal Dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Good Governance   Untuk memperkuat struktur pengendalian manajemen pemerintah maka pemberdayaan peran dan fungsi audit internal menjadi suatu hal yang mutlak untuk direalisasikan. Selanjutnya, jelas dan terarahnya peran dan fungsi audit internal dalam suatu organisasi secara tidak langsung juga akan meningkatkan efektivitas pelaksanaan audit oleh auditor eksternal. Di samping kedua faktor tersebut, adanya kerja sama yang harmonis di antara jajaran audit internal dan audit eksternal juga akan lebih melapangkan jalan dalam pencapaian tujuan dari fungsi audit dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik, adil, dan bersih. Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan, . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Tanya Bisnis : Bagaimana Cara Mengendalikan Karyawan     [Mbak Nur] : Saya memiliki bisnis yang saya warisi dari orang tua saya dua tahun yang lalu. Rata-rata karyawan saya telah bekerja 10-20 tahun. Saat ini saya ingin membuat perubahan agar bisnis keluarga saya ini bisa dikelola secara profesional. Tetapi masalahnya adalah para karyawan agak sulit dikendalikan. Mereka selalu mendebat ide-ide saya, walaupun secara halus. Saya merasa mereka kurang percaya dengan kemampuan saya dalam mengelola bisnis, dan mereka merasa jauh lebih tahu. Instruksi saya, pun ketika mereka tidak membantah, hanya dikerjakan setengah-setengah sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Aturan-aturan yang saya tetapkan, misalnya terkait aturan . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
    Inisiasi Project   Barangkali ketika dihadapkan pada penanganan project, tidak hanya berkaitan dengan project di bidang teknologi informasi bahkan project apapun memerlukan beberapa tahapan, Tahapan – tahapan di bawah ini  bisa saja diadopsi ke bentuk lain.  Pun juga effort yang dilakukan akan memerlukan threatment khusus mengenai project yang dihandle , nah disini saya mencoba untuk brainstorming tahapan-tahapan apa saja yang perlu dilakukan ketika handling sebuah project : Tahapan tersebut diantaranya adalah : PRA PROJECT 1. Disini yang harus disiapkan adalah penawaran disertai dengan proposal. Dalam proposal minimal terdapat tujuan, fitur, manfaat, sekilas proses pengembangan dan imlementasi dan (optional) biaya project 2. Negosiasi, referensi teknik negosiasi bisa . . . Read more
posted by magang1 on July 10, 2012
Tanya Bisnis : Pengambilan Keputusan yang Efektif   Tanya Bisnis : Pembuatan Keputusan Efektif [Bpk Radian] Saya memimpin sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat. Perusahaan saya bergerak di bidang IT dan terdiri dari anak-anak muda yang sangat potensial. Karena pesatnya perkembangan produk dan pemasaran kami, maka kami belum meluangkan cukup waktu untuk memperbaiki sistem internal kami. Hal yang menjadi masalah adalah kami di Direksi seringkali disibukkan dengan pengambilan keputusan yang bersifat mendesak karena tidak bisa di putuskan di level staff kami. Susahnya seringkali kami tidak punya waktu yang cukup dan data yang memadai untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Bagaimana kira-kira mengatasi masalah tersebut. [SYNCORE Consulting] . . . Read more
posted by magang1 on July 10, 2012
  Konsultasi Keuangan untuk UKM & Start Up   SYNCORE Consulting memiliki pendekatan unik dalam memberikan layanan konsultasi kepada UKM dan Start Up. Pendekatan tersebut kami rangkum dalam SYNCORE GLOBAL METHODOLOGY yang didasarkan pada metodologi best practice seperti Good Corporate Governance, Value Chain dan Balanced Score Card. Pendekatan-pendekatan tersebut kami ramu sehingga aplikatif untuk menjawab permasalah di UKM dan Start Up di Indonesia. Pendekatan konsultasi keuangan kami menggabungkan solusi terintegrasi dari set up sampai dengan implementasi. Hal ini bisa dilakukan karena team kami terdiri dari konsultan-konsultan yang memiliki spesialisasi di bidang penyusunan SOP, coaching, dan implementasi system. System yang kami gunakan pun, yaitu SYNCORE . . . Read more
posted by magang1 on July 10, 2012
  Workshop Risk Based Internal Audit Yogyakarta 19-20 July 2011   Profesi audit internal saat ini tengah berevolusi dari peran “watchdog” menjadi “strategic partner”.  Untuk memainkan peran tersebut auditor internal dituntut untuk mengubah mindset dari fokus ke output menjadi fokus ke proses. Selain itu auditor internal harus menguasai teknik-teknik yang mendukung perubahan peran tersebut, salah satunya adalah penggunaan pendekatan Risk Based Audit. Risk Based Audit adalah pendekatan untuk menghubungkan resiko bisnis, resiko inherent, resiko pengendalian ke program kerja audit. Prinsip dasarnya adalah auditor harus memberikan perhatian, sumberdaya dan waktu ekstra di area yang beresiko. Selanjutnya area tersebut harus dipastikan terpasang pengendalian kunci (key controls) . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
“Apabila anda memulai dengan salah, anda akan mendapatkan 1 keuntungan, yaitu pengalaman, Apabila anda memulai dengan benar, maka anda akan mendapatkan 2 keuntungan, yaitu pengalaman dan momentum, sedang kalau anda tidak memulai maka anda mendapatkan 2 kerugian, yaitu tidak mendapatkan pengalaman dan kehilangan momentum” Tidak ada kesalahan yang tidak bisa diperbaiki. Jangan takut salah, karena berbuat kesalahan dalam bisnis adalah pembelajaran yang baik, membuat kita fokus, dan mengantarkan kita ke suatu hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Agar anda terhindar dari kesalahan yang tidak perlu, dan bagaimana metode-metode yang bisa dipakai untuk memulai dan mengembangkan bisnis anda simak artikel kami berikut yang . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Wendy Danoeadmadja (Redaktur Majalah ELSHINTA) mewawancarai Rudy Suryanto (Managing Director) SYNCORE Consulting & Systems pada hari Rabu, 9 Maret 2011. Majalah ELSHINTA tertarik dengan profil SYNCORE yang memilih fokus memberikan layanan terintegrasi untuk UKM. Salah satu tekad SYNCORE adalah memberikan layanan untuk menjangkau 1.000.000 entepreneur di INDONESIA lewat training, buku dan software. SYNCORE percaya membangun UKM sama dengan membangun bangsa, karena saat ini jumlahnya lebih dari 50 juta unit dan mempkerjakan 98%. <br> . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Dalam 5 tahun terakhir, industri dalam negeri di Indonesia dan juga dunia, diwarnai dengan banyaknya muncul start up (perusahaan baru) dengan berbagai inovasi dalam produk maupun model layanan. Sayangnya dari sekian banyak start up yang muncul tersebut, hanya sedikit yang berhasil bertahan 5 tahun kemudian. Patut disayangkan, karena kegagalan start up dalam bertahan bukan karena produk atau model layanan jelek, tetapi lebih karena masalah manajement. SYNCORE Consulting lewat riset dan pengalaman di lapangan merumuskan 10 kunci manajemen start up supaya bisa terus bertahan dan berkembang: 1. Mencari Pendanaan Masalah pendanaan baik di awal maupun  di saat pengembangan, seringkali menjadi masalah klasik bagi . . . Read more