posted by admin on April 2, 2014
PROGRAM 1 – Pendampingan Review Penyusunan Tata Kelola & Tata Aturan   Latar Belakang     : Fleksibilitas BLUD harus dipayungi oleh tata aturan yang memadai. Menurut kajian kami kurang lebih ada 8 aturan yang harus disahkan dengan Perbub, meliputi tata kelola, sistem keuangan, pengangkatan pegawai BLUD, pengadaan BLUD dll.  Tujuan                  :    Review Penyusunan Tata Kelola & Tata Aturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan pengelolaan BLUD telah diatur dan disahkan dengan Perbub, sebagai dasar hukum yang kuat untuk pedoman pelaksanaan  Output                  :    1.  Memo Review – telaah Tata Kelola dan Tata aturan 2.  Draft Tata Aturan (memungkinkan ada tambahan waktu dan . . . Read more
posted by admin on April 2, 2014
PROGRAM 2 – Pendampingan Penyusunan Sistem Pelayanana Minimal (SPM)   Latar Belakang     :    Sistem Pelayanan Minimal akan menjadi indikator bagi penyusunan RSB (Rencana Strategis Bisnis). SPM harus disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi PUSKESMAS sesuai dengan ketetentuan kementrian kesehatan dan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah   Tujuan                  :    Memastikan SPM telah disusun sesuai dengan ketentuan, minimal memenuhi poin penilaian pengajuan status BLU   Output                  :    1.  Memo Review – telaah SPM dibandingkan dengan ketentuan kementrian kesehatan dan kebijakan pemerintah daerah.   2.  Revisi atau Penyusunan Draft SPM (memungkinkan ada tambahan waktu dan biaya sesuai tingkat kesulitan) . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Sebuah perusahaan start up IT di Jogja, memiliki produk-produk yang luar biasa, namun pendiri tidak punya background manajemen dan keuangan. Pendiri mulai kebingungan bagaimana harus menata manajemen dan keuangan selayaknya perusahaan berstandar. Manajemen mengundang SYNCORE untuk melakukan presentasi. Pendekatan SYNCORE yang terintegrasi dan step by step, sangat cocok untuk mengimbangi perkembangan perusahaan yang sangat dinamis. Pola pembayaran bulanan, juga meringankan perusahaan. Selayaknya merekrut staff, dengan biaya terjangkau tetapi kualitas layanan berstandar konsultan profesional. Program kerjasama telah berjalan setahun lebih. Perusahaan IT tersebut kemudian memperpanjang kontrak, dan meminta SYNCORE untuk membenahi aspek HRD dan Manajemen Operasional. . . . Read more
posted by admin on May 28, 2012
<iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/P9z9rCi4rsg" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>   Mengapa UKM sulit naik kelas? Karena kebanyak dari mereka memulai bisnis tanpa perencanaan yang matang, dan sebagian besar memulai bisnis karena keterpaksaan atau ketidaksengajaan. Pondasi bisnis yang kurang kuat membuat pengusaha sulit untuk melakukan pengembangan dan ekspansi bisnis. Kuatkan pondasi bisnis anda dengan memperkuat sistem pengelolaan keuangan dan HRD, supaya usaha anda bisa terus tumbuh dan berkembang. . . . Read more
posted by magang1 on July 9, 2012
  Tanya Bisnis : Bagaimana Cara Mengendalikan Karyawan     [Mbak Nur] : Saya memiliki bisnis yang saya warisi dari orang tua saya dua tahun yang lalu. Rata-rata karyawan saya telah bekerja 10-20 tahun. Saat ini saya ingin membuat perubahan agar bisnis keluarga saya ini bisa dikelola secara profesional. Tetapi masalahnya adalah para karyawan agak sulit dikendalikan. Mereka selalu mendebat ide-ide saya, walaupun secara halus. Saya merasa mereka kurang percaya dengan kemampuan saya dalam mengelola bisnis, dan mereka merasa jauh lebih tahu. Instruksi saya, pun ketika mereka tidak membantah, hanya dikerjakan setengah-setengah sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Aturan-aturan yang saya tetapkan, misalnya terkait aturan . . . Read more
posted by magang1 on July 10, 2012
Tanya Bisnis : Pengambilan Keputusan yang Efektif   Tanya Bisnis : Pembuatan Keputusan Efektif [Bpk Radian] Saya memimpin sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat. Perusahaan saya bergerak di bidang IT dan terdiri dari anak-anak muda yang sangat potensial. Karena pesatnya perkembangan produk dan pemasaran kami, maka kami belum meluangkan cukup waktu untuk memperbaiki sistem internal kami. Hal yang menjadi masalah adalah kami di Direksi seringkali disibukkan dengan pengambilan keputusan yang bersifat mendesak karena tidak bisa di putuskan di level staff kami. Susahnya seringkali kami tidak punya waktu yang cukup dan data yang memadai untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Bagaimana kira-kira mengatasi masalah tersebut. [SYNCORE Consulting] . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
“Apabila anda memulai dengan salah, anda akan mendapatkan 1 keuntungan, yaitu pengalaman, Apabila anda memulai dengan benar, maka anda akan mendapatkan 2 keuntungan, yaitu pengalaman dan momentum, sedang kalau anda tidak memulai maka anda mendapatkan 2 kerugian, yaitu tidak mendapatkan pengalaman dan kehilangan momentum” Tidak ada kesalahan yang tidak bisa diperbaiki. Jangan takut salah, karena berbuat kesalahan dalam bisnis adalah pembelajaran yang baik, membuat kita fokus, dan mengantarkan kita ke suatu hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Agar anda terhindar dari kesalahan yang tidak perlu, dan bagaimana metode-metode yang bisa dipakai untuk memulai dan mengembangkan bisnis anda simak artikel kami berikut yang . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Sebuah perusahaan perdagangan yang tengah berkembang, mengalami kerugian yang cukup signifikan di salah satu anak usahanya. Lewat  beberapa penyelidikan awal, ada indikasi kuat telah terjadi kecurangan. Namun manajemen kesulitan dalam mengungkap pelaku serta modus operandi dari kecurangan tersebut. SYNCORE dihubungi manajemen perusahan tersebut untuk membantu memecahkan kasus. SYNCORE menggunakan pendekatan Audit Forensik dalam mengumpulkan bukti-bukti untuk mengungkap tindak kecurangan dan menangkap pelaku. Lewat serangkaian investigasi, tim SYNCORE berhasil membantu manajemen dalam mengidentifikasi tersangka serta besaran dana yang digelapkan. Masalah di selesaikan di luar jalur hukum, dengan pihak pelaku mengganti kerugian yang diderita perusahaan dan mendapatkan sanksi internal. . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
Tanya Bisnis : Pembuatan Keputusan Efektif [Bpk Radian] Saya memimpin sebuah perusahaan yang tengah berkembang pesat. Perusahaan saya bergerak di bidang IT dan terdiri dari anak-anak muda yang sangat potensial. Karena pesatnya perkembangan produk dan pemasaran kami, maka kami belum meluangkan cukup waktu untuk memperbaiki sistem internal kami. Hal yang menjadi masalah adalah kami di Direksi seringkali disibukkan dengan pengambilan keputusan yang bersifat mendesak karena tidak bisa di putuskan di level staff kami. Susahnya seringkali kami tidak punya waktu yang cukup dan data yang memadai untuk membuat keputusan-keputusan tersebut. Bagaimana kira-kira mengatasi masalah tersebut. [SYNCORE Consulting] Bpk Radian, sebelumnya kami ucapkan selamat . . . Read more
posted by admin on February 6, 2012
[Mbak Nur] : Saya memiliki bisnis yang saya warisi dari orang tua saya dua tahun yang lalu. Rata-rata karyawan saya telah bekerja 10-20 tahun. Saat ini saya ingin membuat perubahan agar bisnis keluarga saya ini bisa dikelola secara profesional. Tetapi masalahnya adalah para karyawan agak sulit dikendalikan. Mereka selalu mendebat ide-ide saya, walaupun secara halus. Saya merasa mereka kurang percaya dengan kemampuan saya dalam mengelola bisnis, dan mereka merasa jauh lebih tahu. Instruksi saya, pun ketika mereka tidak membantah, hanya dikerjakan setengah-setengah sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Aturan-aturan yang saya tetapkan, misalnya terkait aturan kepegawaian, sering dilanggar, dan saya juga . . . Read more