posted by ika on September 14, 2017

Penyusunan dokumen RBA 5 BAB tidak terlepas dari analisa keuangan, baik analisa keuangan tahun berjalan atau pun analisa keuangan tahun yang akan datang. Tahun berjalan adalah tahun yang masih berjalan realisasinya, sedangkan tahun yang akan datang adalah tahun yang anggarannya baru akan diperhitungkan.

BLU/BLUD yang sudah lama menjadi BLU/BLUD pun masih banyak yang belum memahami keterkaitan antar bab di dalam dokumen RBA 5 BAB. BAB I merupakan pendahuluan yang seharusnya menggambarkan kondisi BLU/BLUD saat dibuatnya RBA tersebut, namun selama ini bab I hanya masih mengkkopy paste dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga ketika dibaca maka pendahuluan akan selalu sama.

Bab II berisi mengenai laporan kinerja tahun berjalan. Laporan kinerja ini terbagi menjadi laporan keuangan dan laporan inerja non keuangan. Laporan kinerja non keuangan biasanya adalah hasil penilaian ketercapaian SPM, sedangkan laporan kinerja keuangan adalah pembahasan analisa realisai tahun berjalan dan juga prognosa untuk beberapa bulan tahun berjalan. Mengenai perhitungan prgnosa dan proyeksi sudah di bahas di artikel ini : Perhitungan Prognosa dan Proyeksi.

Bab III berisi mengenai RBA tahun yang akan datang. Berapa anggaran pendapatan dan berapakah anggaran biayanya. Anggaran ini baik dari sumber dana APBD, APBD dan juga dana BLUD itu sendiri. Namun jangan keliru, bahwa anggaran 3 sumber dana tadi sebaiknya dipisah agar lebih mudah dianalisa.

Bab IV berisikan tentang proyeksi keuangan tahun yang akan datang. Proyeksi ini berisikan laporan keuangan Neraca, Laporan operasional, Arus Kas, dan Calk. Untuk laporan operasional bisa diambil dari angka-angka RBA pendapatan dan biaya, sedangkan untuk proyeksi neraca dapat digunakan analisa persentase kenaikan, untuk arus kas sebaiknya menggambarkan arus kas dari RBA tahun yang akan datang. Dan terakhir laporan Calk, adalah rincian dari pos-pos neraca dan laporan operasional.

Bab v adalah penutup. Untuk lebih baik penutup di sini berupa analisa tentang kesimmpulan 4 bab d atas, baik kekurangan dokumen, kekurangan anggaran atau apa pun yang bisa disimpulkan, sehingga ketika pemilik membaca kesimpulan akan mendapatkan gambaran untuh 4 bab.

Artikel terkait : penyusunan RBA

Dokumen terkait :download template RBA 5 BAB 

Tulis Komentar