posted by magang1 on July 10, 2012

 

Konsultasi Keuangan untuk UKM & Start Up

 

SYNCORE Consulting memiliki pendekatan unik dalam memberikan layanan konsultasi kepada UKM dan Start Up. Pendekatan tersebut kami rangkum dalam SYNCORE GLOBAL METHODOLOGY yang didasarkan pada metodologi best practice seperti Good Corporate Governance, Value Chain dan Balanced Score Card. Pendekatan-pendekatan tersebut kami ramu sehingga aplikatif untuk menjawab permasalah di UKM dan Start Up di Indonesia.

Pendekatan konsultasi keuangan kami menggabungkan solusi terintegrasi dari set up sampai dengan implementasi. Hal ini bisa dilakukan karena team kami terdiri dari konsultan-konsultan yang memiliki spesialisasi di bidang penyusunan SOP, coaching, dan implementasi system. System yang kami gunakan pun, yaitu SYNCORE PRO, adalah system yang kami kembangkan sendiri berdasarkan temuan-temuan kami di lapangan. Dengan menggabungkan konsultan, system integrator dan software developer kami dapat menurunkan tingkat resiko kegagalan implementasi system. Layanan kami secara penuh adalah sebagai berikut (cat. layanan berikut juga bisa diambil sebagai paket terpisah):

1. Assessment – untuk mengetahui kebutuhan klien, permasalahan dan gap dibidang pengelolaan dan pencatatan keuangan.

2. Set Up Keuangan – memberikan landasan yang kuat terhadap tata kelola keuangan dalam hal penentuan kebijakan keuangan, job desc terkait keuangan, pengkodean, format pelaporan dan format formulir.

3.SOP Keuangan – memberikan tata aturan terkait pengeloloaan dan pencatatan keuangan yang baik, meliputi penetapan Struktur Organisasi dan Tata Kelola, penetapan alur penjualan, alur pembelian, alur pengelolaan kas, alur persediaan, alur perhitungan HPP, alur penggajian, alur penetapan biaya-biaya, alur investasi, alur pendanaan dan alur pelaporan keuangan. SOP ini kami lengkapi dengan Juklak dan Juknis sehingga mudah untuk dioperasionalisasikan di lapangan. Fungsi utama SOP adalah untuk meningkatkan Sistem Pengendalian Internal untuk memastikan dokumen yang dihasilkan dari operasional perusahaan adalah valid, lengkap dan akurat. Data yang berkualitas tersebut adalah syarat dasar tersusunnya laporan keuangan yang berkualitas.

4. Manual Akuntansi - manual akuntansi menjelaskan prinsip pengakuan dan pengukuran dari masing-masing transaksi yang ada di perusahaan, sehingga staff keuangan tidak bingung dalam menentukan perlakuan dari masing-masing transaksi tersebut untuk diolah menjadi laporan keuangan baik secara manual maupun melalui system. Manual akuntansi ini terdi dari Standar Jurnal, Petunjuk pengisian formulir dan tata cara penyusunan laporan keuangan.

5. Coaching – proses untuk mengajarkan atau transfer knowledge dari konsultan kami ke staff klien, sehingga staff klien bisa melakukan proses penyusunan keuangan secara mandiri sesuai dengan Set Up, SOP dan Manual Akuntansi yang telah ditetapkan.

6.Monitoring – memastikan SOP bisa dijalankan oleh staff klien dan memberikan masukan untuk perbaikan berkelanjutan (continous improvement) atas SOP yang telah ditetapkan.

7.Implementasi System – membantu klien dalam melakukan implementasi system. Untuk paket terintegrasi kami menyarankan memakai Software keuangan kami yaitu SYNCORE PRO yang terbukti bisa menyesuaikan secara penuh dengan SOP keuangan standar. SYNCORE PRO kami berikan secara gratis apabila klien memilih paket komplit Konsultasi Keuangan.

8.Audit Internal – audit internal kami lakukan sebagai mekanisme untuk jaminan mutu (quality assurance) atas konsep, set up, SOP, manual akuntansi dan system akuntansi untuk memastikan kesemuanya itu telah memenuhi kebutuhan klien.

Dengan rentang pengalaman kami di berbagai industri kami yakin bahwa kami bisa memberikan value/manfaat penuh pada klien. Hal ini terbukti, dari umur perusahaan kami yang masih muda, namun sudah banyak perusahaan yang menaruh kepercayaan kepada kami untuk mengelola aspek keuangan mereka.

kontak kami di :

nurhadi@syncoreconsulting.com

desty@syncoreconsulting.com

Tulis Komentar